Wednesday, June 7, 2017

Manajemen Komunikasi dalam Boneka Matriouscha

Manajemen Komunikasi dalam Boneka Matriouscha

Pernah dengar mengenai boneka matriouscha? Bila familiar dengan boneka itu anda tentu tahu mengenai kekhasan bentuk serta berisi. Boneka Matriouscha ini boneka yang datang dari Rusia. Pada Awalannya di era 19, seseorang pelukis Rusia bernama Sergey Malyutin memperoleh ke-2 kreasi seni itu. Satu ide lalu melintas di fikirannya. Ia lantas menggambar sosok satu boneka kayu serta memohon pemahat bernama Vasiliy Zvyozdotchkin untuk membuatkannya.
Lantas Malyutin menggambari badan boneka tadi dengan baju tradisional wanita Rusia, komplit berhiaskan kerudung. Dalam gambar itu tampak si wanita tengah mendekap seekor ayam jantan berwarna hitam. Sesaat tujuh 'saudara' dari wanita itu lalu di taruh didalam bonekapertama. Dari mulai lelaki, perempuan, sampai yang paling akhir bersosok bayi. Hadiah Wisuda

Boneka mainan yang lalu jadi begitu disukai oleh anak-anak di Rusia itu juga menaruh pesan mendalam mengenai kuatnya kasih sayang seseorang ibu serta semangat kekeluargaan. Satu langkah penyampaian yang begitu simpel, untuk pesan yang demikian mendalam.

Nama Matryoshka juga tidak diambil dengansembarangan. Konon, saat boneka itu di ciptakan, Matryona yaitu sosok wanita cantik yang begitu popular di negeri ini. Nama itu juga jadi nama umum wanita-wanita Rusia, mungkin saja seperti nama Dewi di Indonesia. Serapan dari arti latin 'mater' yang bermakna ibu, juga semakin memperdalam arti Matryoshka. (www. kompas. com).

Bila kita sambungkan dengan komunikasi jadi dimaknai dengan beragam jenis satu diantaranya “Komunikasi yaitu Satu Proses”. Kekuatan seorang untuk terkait dengan orang lain bakal sesuai sama kemampuannya untuk mamahami serta mengatur sistem komunikasi itu. Jadi sistem komunikasi ini mengacu pada sebagian element yang bangun frame word untuk rencana Managemen Komunikasi. Elemen-elemen itu digambarkan dalam satu Boneka Rusia Matrioscha (Kaye, Communication Management : 11)

 

Profile : The Adult Communication Management Jenis (Kaye, 1994 : 11)
Keterangan mengenai boneka Rusia “Matrioscha” :

“Self” Boneka paling kecil merepresantasikan Diri :
- Knowing & Understanding seorang adalah langkah yang efisien untuk manajemen diri
- Self awarness adalah basic untuk, self analysis serta self examination sewaktu seorang memengaruhi orang lain lewat perbincangan atau tindakan self yaitu komponen intra personal dari jenis komunikasi orang dewasa.

“Interpersonal” Boneka ke-2 merepresantasikan :
- Interpersonal doll konsentrasi pada bagaimana self terkait dengan yang lain.
- Berjalan sistem komunikasi di mana seorang berhubungan keduanya membuat arti mengenai jalinan mereka dari beberapa hal alamiah.

“People in System” boneka ketiga melukiskan :
- Bagaimana beberapa orang berkomunikasi dengan yang lain dalam system itu/organisasi tempat mereka bekerja serta belajar.
- Diluar itu melukiskan beberapa orang bisa memengaruhi system serta kekuatan orang untuk berkembang.

d. “ Competence Doll” Boneka ke empat mendeskripsikan :

- Competence management pada semuanya level jenis, seorang disebutkan intra personally competence apabila mengerti dianya serta dapat meningkatkan self control serta management
- Seorang dimaksud competence apabila dia dapat menyebabkan pergantian pada system atau pada beberapa orang dalam system.
- Seorang dimaksud competence saat dia dapat construct, coordinate & clarity meaning dengan yang lain lewat hubungan individu
Terkecuali dalam filosofinya Boneka Matriouscha memiliki arti kasih saying seseorang ibu pada anak-anaknya yang diwujudkan dalam Boneka paling besar hingga paling kecil. 

No comments:

Post a Comment